Senin, 01 April 2013

Proses - Pilihanku Indahnya Tidak Dikontradiksikan Dengan Pilihan-Nya

Selamat malam..... ^_^


Apa kabar hari ini? Semoga sehat & selalu berbahagia ;) Kali ini mau membagikan sesuatu mengenai proses :p Bahasannya ringan-ringan aja & menjadi permenungan saya selama ini. Hmm....mungkin apakah karena banyak hal yang dijumpai di luar yang direncanakan? Hihihihihi... *curcol.com*


Sebenarnya tulisan ini dilatarbelakangi juga oleh khotbah Romo waktu Paskah kemarin. Mengenai murid Emaus yang bisa-bisanya tidak mengenali Yesus, padahal mereka seperjalanan dengan Yesus. Aneh kan? Ya....walaupun bukan hitungan rasul yang ngider bareng Yesus kemana-mana, yang namanya murid pasti pernah ketemu Yesus dong? Koq bisa ga kenal? Romo mengupas dari sisi yang berbeda bacaan hari itu. 2 murid tersebut tidak mengenali Yesus, karena mereka terlalu fokus pada diri dan keinginan mereka sendiri. Seolah-olah, Tuhan mendaratkan telunjuk-Nya ke saya *colek* tuh....dengerin tuhh.... hihihihihi... Yaelah...pas bener yah? Yap, kalau kita terlalu fokus dengan diri kita sendiri, kita tidak bisa melihat orang lain atau pun kepentingan orang lain dengan jelas, termasuk kepentingan Tuhan itu sendiri.


Bingung? Contoh nyatanya nih.... Saya itu kan dari kecil udah kebiasaan apa-apa selalu keturutan (diturutin, dikabulkan, atau emang saya paksakan terkabul) *tepok jidat, hihihihi* Jadi, rada susah juga mengubah pakem dari kecil, kalo ada hal-hal yang tidak keturutan saya dapat menerimanya dengan lapang dada, termasuk rencana Tuhan itu sendiri. Dulu, sewaktu masih TK dan SD, saya tidak mengenal 'term' fashion designer, yang saya tau, saya suka gambar-gambar baju. Mainan demenan saya kalau ga gambar baju ama orang, ya bikin rumah-rumahan boneka dari sterofoam tidak terpakai, saya kasih gantungan baju dari lidi, kalau lagi iseng, saya bikin baju dari kain sisa yang diberi oleh Mama. Sejalan dengan waktu, saya tau, oh....yang seperti itu namanya fashion designer.

Keinginan yang menggebu-gebu menjadi seorang fashion designer, ditentang oleh orang tua saya. Menurut mereka (yang tentunya termasuk hitungan China kolot, eh....mana ada orang China kolot yang jadi fashion designer dan namanya tercatat dalam sejarah? atau mungkin saya belum tau, hehehehe) yang penting itu sekolah di jurusan yang cepat dapat uang, yang 'demand' nya banyak, ya...apalagi kalau bukan Ekonomi ^_^ Tidak lelah-lelahnya saya menghidupi 'mimpi' itu, sampai juga dengan keberanian saya 'mengorbankan' waktu dan tabungan untuk les figure drawing, les jahit, dan keinginan buat les-les yang mendukung. Terkadang, saya merasa koq cita-cita saya jauh banget yah? Belum juga terkabul. Sedih? Iya ^_^


Di tengah kesibukan saya bekerja & berusaha menghidupi mimpi saya itu, tiba-tiba muncul kelancangan saya untuk berbagi melalui tulisan. Ya, saya jalani saja. Tiba-tiba, ada suatu 'teguran' dari teman-teman, eh...kenapa tidak dibuat seperti ini? Istilahnya, berusaha menjadi lebih produktif dan menghasilkan dari keisengan saya untuk berbagi tadi. Buku? Ya, seperti itulah bentuknya. Jujur, pakem saya seolah-olah berontak, heiiiii.....kamu itu bukan pengen jadi penulis kannn???? Dan suara di balik layar lain bilang, ah...penulis? Stress iya, diuber-uber deadline cetak. Suara yang lain berteriak-teriak, fokus! Fokus! Fokus! Kalau tidak fokus, ya seperti air tanpa wadah, mengalir ke mana saja! Ayo balik lagi, fokus!

Lantas?

Apakah saya harus berhenti menulis? Dan berusaha fokus kembali ke baju-baju itu? Tidak mengerjakan lain, dan membiarkan alur lambat itu mengalir? Atau...apakah saya berpuasa 50 hari lamanya (ini mah lebai abis yah, hihihihi) dan setiap malam berdoa, Tuhannnnn......apa sih rencana Panjenengan? Tapi, saya tidak berbuat apa-apa?

Waktu itu berjalan loh ^_^ sehari, dua hari, tiga hari, setahun...begitulah penundaan kita. Lantas, apa iya kita harus fokus pada tujuan kita pengen seperti apa sih? Bisa juga, pengen cowok tetangga yang bertato Hello Kitty >.< udah usaha dijaring model apa juga ga berhasil, dikasih bunga, dikasih coklat, dikasih vocer tatto gratis, ngebaik-baikin nyokapnya, ngasih gobanan ke satpam rumahnya ^^V koq ya si cowok tetap tak bergeming... Yeee......orang hombreng elu taksir neng.... ^^V pissss......becandaaaa...ahahahaha...

Lantas?


Protes ke Tuhan? Ehh.....koq tega sih, keinginan saya ga dikabulin....hiks! Diktator! Dibales lirikan Tuhan *shahhttt.....* 'ngomong apa tadi nak?' Ehh....rrr....ga jadi.... ^^V

Jadi? Saya kudu ngapain? Diam, nunggu wangsit? Kekeh ngejar mimpi masa kecil (atau si cowok bertato Hello Kitty tadi?)? Ya, semua keputusan ada di tangan kita koq ^_^ mau diam ya monggo....di depan sudah ada hasilnya... Mau kekeh ngejar impian masa kecil juga monggo....sudah ada hasilnya di depan... mau ke dukun, tanya Eyang Subur? Ya sekali lagi, monggooo...di depan sudah ada hasilnya.

Kenapa kita tidak berusaha mencintai prosesnya juga? Hasil memang indah, tapi proses menuju hasil itu loh, sama-sama indahnya. Perkara menanti ribuan tahun jadi fashion designer, tapi ujung-ujungnya jadi ibu rumah tangga yang suka buatin baju buat anak-anak dan suaminya? Ya, itu kan karena saya kurang berusaha ^_^

Lantas? Dimana batas saya harus berusaha dan saya harus melepaskan? Eng ing eng.....nah lo nah lo.... ^^V Proses, itu jawabnya ;) Bingung? Gini analoginya, lomba lari 1 km. 100 meter pertama wusshhh.....ngebut....200 meter berikutnya, napas mulai tersengal-sengal, 300 meter berikut, aduhh....udah ga kuatttt.....50 meter berikut? Beneran ga kuat dah....tiba-tiba, ada penjual es blewah 'es nya bang....es nya...yang haus yang haus....ayo minum dulu' ^_^ itu loh dikasih pilihan...mau lanjut lari ya monggo...mau minum es blewah tapi di diskualifikasi ya monggo.. tapi apa iya hidup itu seperti lomba lari? Apa iya Tuhan itu saklek kaya wasit sepak bola (siapa tuh yang botak-botak kepalanya, tiap dia nongol pemain langganan kartu kuning *geram...lohh...hahahaha* Kalo Tuhan saklek, ga bakal deh...dikasih kesempatan. Eh....tapi jangan lupa....jangan main-main ama Tuhan, you...you....kan bukan Tuhan...wakunya terbatas loh....


Jadi, tetapkan tujuan, fokus, nikmati juga prosesnya ^_^ hasil? Pasti ada hasilnya. Kalau prosesnya kita nikmati, sungguh terlalu hasilnya ga mau nikmati, ehh.....orang betah ama keputusan melenceng, hasil ga mau melenceng.... Emang bener koq, manusia itu suka telmi. Ntar kalau udah kejadian, oalahhh.....ini to maunya Tuhan? ;) Eh....ternyata yang Tuhan kasih lebih bagus ya? Kalau merasa Tuhan belum ngasih yang lebih baik dari yang kita minta, tunggu....waktu-Nya belum tergenapi ^_^ usaha terus & nikmati prosesnya.


Selamat malam.....selamat berbagi & mengejar cowok bertatto Hello Kitty itu... ^^V


Sekali lagi, tetap semangat!


Tuhan memberkati....


DPS pamit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar