Kamis, 24 Januari 2013

Hei Cina = Dasar Jawa - My Deepest Confession :D

Selamat malam....


Sebenarnya sudah dari kemarin mau tulis soal ini, cuma...karena semalam kena demam tinggi, tulang belulang bak dicabutin, batal lah nulis...hehehehe... Hmm....tulisan ini sebenarnya titik kulminasi *yaelah....bahasanya dalem benerr....* dari perasaan selama ini, hihihihihi... Mungkin di trigger ama pak FA *Mr. You Know Who....ahahahaha....daripada ntar urusannya panjang ya bokk.....* Actually, udah gemes aja pengen nuangin unek-unek, eh...bukan unek-unek sih...lhah lantas apa Dev? Hihihihi...


Waktu saya kecil, saya dibesarkan di kota kecil pula, Malang. Dasar anak demen petualangan, jadi hobby saya waktu itu sepedaan, ga kaya CFD jaman sekarang pakai sepeda jutaan, itu sepeda juga hadiah dari supplier bokap :D Dan ga seperti sepedaan jaman sekarang, saya mah suka blusukan *emang Jokowi....hahahahaha* ke kampung-kampung, gang-gang, daerah yang banyak truck-truck buat sepedaan. Dan....suatu hari, waktu jatuh dari sepeda, sambil duduk mengusap luka dan pakai Tensoplast bawaan saya, lewatlah pemuda dewasa berteriak "Woi Cino!!" Mungkin karena saya yang belum mengerti apa arti Cina waktu itu, saya sebel setengah mampus, saya pikir saya dikata-katain, saya jawab dengan teriakan tak kalah kencangnya "Cino Dewe!!!!"

Pasti deh udah banyak yang terpingkal-pingkal membaca tulisan saya di atas, benar seperti itulah ekspresi bokap ketika saya lapor diteriakin Cina dan saya balas meneriakin dia, Cina sendiri :D Bokap dengan arif menjelaskan, ya...memang kita keturunan Cina, kenapa harus marah? Bokap menjelaskan bahwa kata Cina sendiri berasal dari Cin, dinasti Jin, dinasti yang termasyur di kala itu. Selanjutnya, saya kalau diteriakin orang juga, cuek aja lah...emang saya Cina, bodo amat deh...

Terus...ada lagi nih....frase "Dasar Jowo" Dulu sempet keki loh, waktu pertama kali datang Jakarta, dibilang "Dasar Jowo" atau....suka heran orang bilang "pulang ke Jawa ya?" Sampe saking kekinya, pengen saya sodorin peta Pulau Jawa trus bilang, "hellowww.......Jakarta is located at Java island too.... Do you mean Jakarta is located upside Java island, 'ngawang' gitu maksud loee....?"


Terus....saya pikir lagi, ah...omongan orang ngapain diladenin yah? I am really proud of being Jowo ^^ Hmmm....banyak kosakata dalam bahasa Jawa yang mengandung banyak makna, yang tentunya kalau dijelaskan dengan bahasa Indonesia maupun bahasa 4L4Y pun panjang dan kurang pas koq*bweeee......hihihii* And....as a part of Jowo, i am really proud of Javanese people. Siapa sih yang tidak kenal orang Jawa? Semua pekerja ulet dan jujur banyak yang dari Jawa, orang yang lucu-lucu, ngocol juga banyak dari Jawa.


Dan about Chinese tadi, sama seperti Jowo saya, aiya.....siapa juga sih yang inden ke Tuhan "Pak Bosss......nanti saya dilahirkan ama orang tua Cina aja ya...." atau.....Pak Bos.....nanti saya mau orang tua yang asli Jakarta aja yaaa....." *tepok jidat deh.....* Ga ada pilihan soal itu kan, ya gitu aja deh tiba-tiba lahir dengan wajah polos :D Suka heran aja gitu, kalau disuruh mengisi biodata di manapun juga, ditanya Nationality atau Kewarganegaraan, ya saya jawab Indonesian, bukan Chinese. Orang China daratan juga kalo nyebut kami-kami ini WNI bermata sipit, berkulit putih juga Yiniren (orang Indonesia)


Dibilang marah....ga juga...lha emang begitu kenyataannya... Cuman heran aja gitu... Suka sirik ama si Malaysia itu....yang ngaku-ngaku The Truly Asia, alahhh.....kalah jauh lah ama Indonesia, orang mana aja juga ada jadi Warga Negara Indonesia, Melayu, Polynesia, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Chinese, Eropa, India tumpah ruwah di sini, tapi....koq ya kita tidak mau mengakui dengan bangga, bahwa...ya kebhinekaan itu yang bikin kita sungguh kaya. Ya...memang tidak semua orang sih ya yang suka berpikiran picik seperti itu ^^


Jadi, menanggapi kasus pak FA atau pun...orang-orang yang bilang "Dasar Jawa" (bahkan ada juga yang bilang, udah kebanyakan Jawa nih) saya cuma bisa cuek aja deh.....orang emang dilahirkan jadi begini di Jawa juga, mau protes? Protes aja ama Tuhan, pusing amat...... :D Dan...buat rekan-rekan, ga cuma orang keturunan Chinese, ataupun orang Jawa yang merantau di Jakarta, maybe orang Medan kali ya... (banyak juga tuh kan yang ngata-ngatain, Dasar Medan!) pusing amat deh ya.... it's up to them aja deh...mau protes, protes aja ama Tuhan.  Go Jowo! Google aja pake Boso Jowo, ya nggak? *lhah koq....hahahahahaha, becandaaaa.......* Maksudnya, apapun 'bungkus'nya, stay up and keep smile ^^


Yes, i am proud to be Indonesian - Jowo =p

Selamat malam....


DPS pamit


2 komentar:

  1. huaha.... pemikiran simple yang sepertinya sudah lama terpendam mau dituangkan di media... :)

    BalasHapus