Selasa, 22 Juli 2014

Cermin Diri (Pencitraan) - Antara Dapur Bejo & Surti, Pilpres, dan Orang Ketiga

Selamat malam...... ^^


Fiuhhh....akhirnya kesampean juga nulis lagi, hahahaha....*hawa-hawanya mau curhat nih, xixixixixixi ^^V* Ya, sekalian mengobati kangen teman-teman *alah ngaku-ngaku, hihihihi* Semestinya tulisan ini mau saya tulis pagi tadi, berhubung ngantor, ga mungkin dong ya, masa di kantor bikin dongeng?


Ga, saya ga bakal membawa euphoria kemenangan salah satu Capres di tulisan ini ^^ Tulisan ini murni refleksi pribadi saya, yang harapannya...mungkin ada teman yang pernah mengalami juga, bisa ikutan menimba air *yaelah bahasanya dalem amat* Ya mohon maaf kalau ada yang tersindir, lha gimana? Orang kita sifatnya sama koq ;) Kaget? Yuk mari disimak *sambil diiringi lagu Bon Jovi - Midnight in Chelsea, penting gitu? ^^V*


Mama saya tu selalu pesan-pesan ke para 'calon' pendamping hidup saya gini, Devi itu memang kelihatannya lembut, kalem, ketawa-ketawa, tapi anaknya keras, jadi tolong lebih sabar dari Devi ya. Koq ya untungnya para calon itu orangnya sabar-sabar ya...kebetulan? Oh tentu tidak :)

Dulu saya kira, saya memang aneh, dari kalem-kalem tertindas gini, bisa meledak-ledak (_ _") Setelah saya analisa, ternyata semestinya saya ini bukan termasuk golongan kalem, klemar-klemer, apalagi tertindas. Cuma.....karena saya dibesarkan dalam lingkungan Patrilineal yang kuat buanget (sangat) Jadi, Mama itu doktrinnya selalu, jadi cewek tu kalem....kalem.... malu kan dilihat orang tereak-tereak. Jadi, saya melihat bahwa kudu 'macak' (berdandan) seperti halnya cewek, kalem....senyam-senyum, tertindas, iya-iyo (padahal dalem hati juga udah mau gebrak-gebrak meja)

Apa itu penyangkalan diri saya? Apa saya merasa tidak bahagia karena tidak menjadi diri sendiri? Tentu tidak :) Orang saya baik-baik aja koq menerima bahwa saya ini emang kudu direm maksimal kalau ngomong, apalagi kalau lagi emosi. Ya, pencitraan saya adalah ingin dianggap sebagai wanita kalem & lemah. Usaha saya kalau saya bilang lumayan maksimal, sekali lagi bukan saya membohongi diri saya, tapi saya percaya cewek galak itu jelek, saya lebih milih jadi cewek tegas :D Karena menurut saya, ga berkelas gitu kan nunjuk-nunjuk orang, apalagi ngelempar meja kalau marah? Saya ini cewek lho :D Jadi, saya anggap pencitraan saya itu buat menangkal bahaya laten *yaelah lebay bener....hahahahahaha* kelemahan saya. Caranya? Sering dalam hati saya ngomong, 'ah...kalau saya sih orangnya kalem' ->padahal hatinya lagi panas :D

Puji Tuhan, pencitraan itu lumayan tidak susah saya lakukan, setelah saya mencoba mendekatkan diri pada Tuhan (bukan sok alim, tolong dilihat berusaha mendekatkan berarti kan sebelumnya saya jauh) Jadi, kalo emosi, mau bales dendam (wuih.....apalagi ama suami ya, hahahahaha....coba kalo ga percaya tanyain aja ama suami saya yang kalem) pasti ada yang ngingetin 'woi....percuma sembahyang kalo kelakuan kayak gitu..woi....sadar woi....'

Kelemahan kedua, semestinya sih masih sama ama yang pertama *jedotin kepala di lemari kamar* ya...ga jauh-jauh ama yang namanya ga sabaran. Gampang down kalau suksesnya bertahap, apalagi hobby liat kanan kiri sebagai pembanding.

Kekalahan itu memang menyakitkan bila tidak dimaknai & disyukuri - itu pendapat saya pribadi.

Ya, karena begitu mudahnya meraih kesuksesan di saat sekolah, membuat saya menjadi pribadi instan. Taunya? Saya pasti menang. Pokoknya rencana saya harus kesampean. Colekan pertama dari Tuhan, skripsi cuma dapet AB. Bingung kan? Emang aneh, ya emang saya targetnya A biar lulus summa cumlaude ga pake ngulang mata kuliah. Selesai sidang skripsi (untungnya koq ga walkout ya waktu itu) saya nangis. Nangis ditindas? Nangis sebel! I can't do nothing to fix the mark! Ngeyel pun ama dosen penguji juga tetap AB, alhasil saya nangis dari ruang sidang sampe pulang kos. Dan tebak? Anak kos menduga saya ga lulus ujian skripsi. Dengan kekesalan yang meluap-luap, saya berdoa. Doa pasrah? Ya....sayangnya doa tapi ngata-ngatain Tuhan, koq Tuhan tega sih? Saya cuma dapat AB? Apa salah saya? *ya gini ini kalo belum pernah dapet upper cut kanan kiri ama Pencipta secara langsung ya* Hello??? *oh ya, sekarang saya bisa malu kalau mengingat hal itu, betapa kekanak-kanakannya saya* AB kurang? Malamnya, pikir Papa saya, saya sudah baikan *ujiannya siang + dapat wanti-wanti dari Cye-cye saya, Devi cuma dapat AB, Pa* Papa telpon, 'ayu.......gimana sidangnya? hehehehehe' Ealah....malah saya semprot panjang lebar, ngaduin dosennya curang lah, ini lah, itu lah, ngomel-ngomel tanpa memberi kesempatan Papa ngomong. Akhir kata, Papa cuma tanya, lha maunya gimana, Nik? Dengan galaknya saya jawab, 'mau ULANG!!!!' Papa pun kaget, 'ngulang???? Ngulang skripsi AB??? 1 semester lagi?' Ga kalah ketus saya jawab, 'IYA!' Papa kehabisan akalnya menasehati saya, 'ya terserah...terserah....mau ngulang gakpapa, asal kamu bahagia, yakin ya kamu mau lulus 4 tahun? Bukannya kapanan pengen cepet lulus?' Saya tereak puas 'IYA, MAU NGULANG!'

:D mirip ya ama seseorang, ya....

Saya ngulang skripsi beneran? Tidak, setelah berkonsultasi dengan Tim Advokat #lhoh ^^V Ga....saya hitung-hitung lagi, saya kan ngambil mata kuliah tu kebanyakan, semestinya cuma 144 *kalau ga salah inget* saya ngambilnya bisa 160 lebih gitu deh, pokoknya kelebihan 4 mata kuliah, yah....dengan terpaksa menghapus mata kuliah yang saya ambil ke Badan Administrasi *bener ga sih?* Ya....sohib baek saya, Apri, tu yang nemenin saya mondar-mandir memastikan 4 mata kuliah bernilai AB itu tidak dicetak di transkrip :) Ya akhirnya, cita-cita saya terwujud lulus 3,5 tahun summa cumlaude *walaupun pake intrik, tapi intrik sehat lohhh....^^V*

Ya....gitu juga dengan Dapur Bejo & Surti. Belum kapok dengan pengalaman 'gagal' yang lalu-lalu. Tetap saja saya terapkan paradigma sukses itu sekejap jentikan tangan *emang dukun?* Gampang down, melihat koq...tidak berjalan sesuai yang saya mau? Koq saya masih kurang ini ya dibandingin 'orang ketiga'? Koq saya kurang ini ya? Bawaannya? Ya jelas stress, wong merasa kurang.......melulu :D Puji Tuhan ada  malaikat baek *nyengir kuda deh disindir-sindir =p* yang ngingetin saya, sabar....ingat...dibandingkan yang kemaren kan ga ada apa-apanya....sabar.... Thank you my dearest hubby *big hug* 

Teringat akan tujuan saya akan kemakmuran & kesuksesan Indonesia di mata internasional #lhoh! ^^V Saya ulangi, teringat akan tujuan saya, mau berbagi kebahagiaan & kasih melalui hasil karya saya ^^ *nah baru tepat, hahahahaha* Menjadi hamba Tuhan yang selalu & selalu rendah hati :) Saya mau tetap semangat & memandang, ini lomba lari marathon ^_^ bukan soal siapa yang paling cepat menang, tapi lebih ke how long can we go? :) Ya, saya berharap usaha yang saya tekuni ini tidak hanya mandeg di tangan saya saja, tapi juga bisa berbuah banyak melalui orang lain. Amin!


^^ dan sekali lagi, saya tidak menganggap orang-orang yang dulunya saya anggap berperan sebagai penyumbang kegagalan saya, sama seperti pandangan saya yang dulu. Mereka adalah orang kiriman Tuhan, yang membuat saya bertumbuh & mendekat kepada Tuhan. 

Jadi, sekarang saya tidak akan menuding-nudingkan telunjuk, gara-gara kamu nih. Tapi, lebih ke 'terima kasih' *tabik*


Sekali lagi, "Kekalahan itu memang menyakitkan bila tidak dimaknai & disyukuri - itu pendapat saya pribadi"


^^


Selamat malam,


Have a splendid night to share.


DPS pamit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar