Senin, 10 Juni 2013

Macet dibabat pakai ERP, MRT, en so on, Efektif?

Selamat pagiiiii.......

Hehehehe...tumben-tumben yah saya concern & membahas masalah publik. Sebenernya gatel aja cerita dari hari Sabtu kemaren, cuma dipendam-pendam, eh....pagi ini Maggie 'menabuh' gong, hihihihihi...

Masih ingat lagu Koes Plus? Siapa suruh datang Jakarta? Siapa suruh datang Jakarta? Yap, orang daerah pada tumplek blek di ibukota negara tercinta. Alesannya? Tentu saja ada yang karena ada kesempatan kerja lebih baik (seperti saya ini), ikut suami tercinta (seperti kakak perempuan saya), kuliah di universitas yang lebih mumpuni (seperti temen kantor), ada yang berobat ke RS (seperti Bibi saya tempo hari), bahkan ada juga yang diiming-imingi kehidupan yang lebih bagus. Nah! Dari alasan kami-kami ini udah ketauan koq solusi mengurangi laju urbanisasi, pembangunan daerah yang setara dengan ibukota.

Tapi ya, apa daya, perusahaan mentereng kelas MNC maunya Jakarta, developer property asing, maunya? Jakarta. Jadi, bagaimana mencari solusi mengatur kerapatan penduduk *udah ga padat bok yaaaa….rapaaatttttt, hahahahahha* Orang segambreng itu jelas ga mungkin disuruh diem di rumah, makan tidur, makan tidur *maka terpujilah Engkau ibu Rumah Tangga yang kerjaannya cuma tidur di rumah ga kemana-mana cuma nunggu tukang sayur, selamat! Jasa Anda sungguh mulia demi kelancaran Jakarta* Jelas dong….keluar rumah nyari makan, sekolah, kerja, belanja ke pasar, ke ATM, ke kelurahan, ke kecamatan, ke tempat-tempat ibadah, atau bahkan mungkin ke tempat hiburan lainnya. Ada yang jalan kaki, ada yang naek angkot, naek Kopaja, Bus umum, bus Transjakarta, kereta, perahu, sepeda, motor, atau mobil pribadi, ehhh…..ada juga yang nangkring di ‘gerobak’ (biasanya pengemis yang cacat)

Ga usah mereka ‘bergerak’. Penduduk Jakarta diem di tempat aja udah ngap juga kalo diliat dari satelit *hihihihi lebayyyy* Apalagi gerak! Ya jelaslah macet.. Malah kalo ga macet, suka heran ehh…ada kerusuhan ya? Lucu ya :D

Kemarin, sempat bahagia *idih bahasa lebay bener, hahahahaha* yang namanya busway diperbanyak, MRT dibangun, system ERP lagi digodok. Baru tuh, Sabtu kemarin ketemu akar penyebab, saya malas naik kendaraan umum (_ _”)

Sabtu kemarin, kami (penduduk BSD weekend, maksudnya kalau weekend doang jadi orang BSD hihihihi) pengen jalan-jalan ke mall Taman Anggrek, Jakarta Barat. Sah kan? Masa orang BSD cuma boleh dolan ke Teras Kota ama SMS doang? Trus, kebayang tuh kemacetan Raya Serpong yang aduhai….lebih kejam dari kemacetan Jakarta (yaiyalah….jalan di Serpong kan lebih sedikit, udah gitu penduduknya mulai banyak, dan pemerintahnya hobby bangun rumah, bukan bangun jalan *tepok jidat*) belum lagi bayangin Tol Kebun Jeruk yang macetnya galau di kala weekend *kalo weekday macet mutlak, hihihihi* Saya usulin tuh ke Hadi, eh…kita ga usah naik mobil deh…santai-santai aja naik bus. Kalau naik bus Trans BSD, dari rumah, kami naik motor (lah rumahnya di ujung hutan, bus lewatnya di jalan utama) naik Trans BSD turun samping tol, kucuk…kucuk….jalan deh ke Taman Anggrek dikit *plus bersaing dengan motor, mobil, Kopaja tentunya, bersama asap mereka pastinya, kalau hujan ya…bersama genangan air* Gampang kan? Pulangnya? Ini rada susah, kudu jalan kaki sampe Tomang kira-kira 800 meter, baru naek bus Trans BSD. Belum lagi….bus Trans BSD tu jam 5 sore udah raib dari Jakarta.

Rempong? Jelas…. Naik kereta aja berarti. Kalo naik kereta, rutenya….kami naik motor, naik kereta, turun di Tanah Abang, naik Kopaja 92, turun depan TA. Bahagia ya, pulangnya juga praktis gitu. Tiba-tiba, saya ingat Kopaja 92??? Kayanya tu Kopaja udah lama deh ga nongol di sekitar Cideng. Langsung lah saya tanya temen yang biasa naik kendaraan umum yang rumahnya Tanjung Duren (kudu spesifik nih…kalo nanya orang Pulo Gadung, mereka juga bingung Kopaja 92 itu buat makan siang? Apa makan malam? ^^V)
Saya : ‘Tin, 92 tuh masi lewat TA kagak sih?’
Antin : ‘Masihhhh’
Saya : ‘Koq, udah ga pernah keliatan di Cideng lagi?’ *ketauan nih nerdie, orang tadi tanya TA, sekarang belok ke Cideng, hahahahahaha*
Antin : ‘Oiyaaa….dialihkan Dev….sekarang rutenya dipotong jadi Grogol – Rawa Bokor’
Saya : ‘Jiaaaa…..jadi udah ga Tanah Abang – Rawa Bokor lagi tu? Ga lewat Cideng lagi tu?’
Antin : ‘Yup’
Saya : *berpikir sigap, kalo gitu, saya turun stasiun Palmerah, jalan kaki 1 km, naek Kopaja 88 turun depan TA percis* ‘Eh, kalo 88 tu Slipinya sampe mana sih? Nyampe kolong pejompongan situ apa nyampe JDC?’
Antin : ‘Aduh….kurang tau ya Dev, pokoknya 88 tu Slipi – Kalideres’
Pucat? Agak >.< *hahahahahaha* Akhirnya ga kehilangan akal, ada Om Google yang motonya tau segalanya. Search…..rute Kopaja 88, tada! Ketemu! Ada blog yang mengulas jalur Kopaja, saya buka jrenggg…..lha koq cuma, ‘Kopaja 88 : Slipi – Kalideres’ Yaelahhhh….ini dari tahun 2005 juga saya tauuuuuuuu….

Terus kebayang, setelah dari TA, saya mau ke GI tuker poin reward, terus ke Gereja terdekat. Naek kendaraan umum? Yakin lu Dev? Hahahahaha….ya…bisa sih, Cuma ga efisien, plus olah raga, plus jalan kaki ekstra (karena rada ga tau jalur angkot atau emang angkot ga lewat situ)

Jadi ke Jakarta, Dev? Jadi dong…tapi naik mobil, haiyaaaa…..hahahahahahaha ^^V *nambah-nambahin kemacetan Raya Serpong aja ni kupluk satu, hihihihi maaapppp…..*

Nah, udah jelas kan? Kenapa saya malas naek angkutan umum?

1.      Panasnya
Keluar dari Kopaja, mau masuknya dandan secantik Kim Kardashian, pasti turunnya ntar kaya Juminten, penjual jamu di pasar Kopro, hahahahahaha ^^V
2.      Kurang aman
Ya…entah saya yang parno, pokoknya kalau naik Kopaja, masukin semua dompet & HP di tempat tersembunyi, baru aman.
3.      Tidak informatif
Orang nyari Kopaja 88 rutenya lewat mana aja, kemana saya harus bertanya? Di saat Om Google pun tak tau? Dan kemana saya harus bertanya, siapakah yang tau rutenya? Tuhan. Oke. *nyengir lebar*
4.      Tidak terintegrasi dengan baik
Ada jalan tertentu yang ‘tidak tersentuh’ oleh angkutan umum. Mana? Mana? Coba tengoklah kompleks Menteng, ehh….ga usah jauh-jauh ke Menteng, orang Tanah Abang 2 atau BSD aja bujubuneee…..dari ujung ke ujung adanya cuma 1 angkot ijo, ya mengerti koq, penduduk BSD disuruh jalan kaki saja biar sehat.
5.      Infrastruktur tidak mendukung
Mau jalan kaki di saat tidak ada angkot melayani, ehh….saingan ama motor jalannya, diklaksonin motor, mobil, kena asep Kopaja yang mengepul di udara, ngalah-ngalahin kapal api >.< Mana kalau malam ga ada petugas yang jaga biar aman.

Jadi, ga perlulah studi banding ke negara tetangga, kalau yang studi sampai negara tetangga dijemput mobil pribadi. Well….entah penduduk Singapura gimana tuh. Kalau saya sebagai turis, cukup informatif ya dengan jadwal transportasi umum di Singapura. Di bandara diberi peta gratis, lengkap dengan jalur MRT nya. Di halte pun terpampang jelas bus yang lewat situ mana aja, weekend atau weekdays.

Ckckckck….cobaa….itu orang Dinas Perhubungan, bikin dong website yang full informasi seperti ini. Ya emang, angkutan belum nyaman. Tapi ga ada salahnya memulai satu solusi dari permasalahan tadi. Jadi orang ga perlu punyeng & riweh kalo mau kemana-mana. Atau bikin brosur dititipkan di kelurahan, jadi warga juga tau kalau mau ke sini naik ini, ke situ naik itu.

Ya….segitu sajalah dulu urun rembug saya sebagai salah satu penduduk Jakarta. Bukannya saya ga mau naik kendaraan umum, sering koq saya naik kendaraan umum. Tapi, begitu tujuan kudu ke mana-mana, jadi mikir, jadi rempong, karena ya itu….ga tau kudu nyambung apa? Kemana?

Selamat beraktifitas! Tetap semangat! Go go go Jakarta!!


DPS pamit


Tidak ada komentar:

Posting Komentar