Kamis, 27 Juni 2013

Idol Syndrome - the never ending improvement

Selamat malammmm semuaaa…. ^_^

Fiuhh.... semestinya tulisan ini udah lamaaa banget mau saya buat, sejak si Fatin jadi juara X-Factor Indonesia, hihihihi…*basi ya bokk….* tapi koq ya kayanya kurang nampol yah. Eh…hari ini kejadian deh yang bikin saya tertampol buat menceritakan Idol Syndrome ;p *halah paling juga ujung-ujungnya curhat, hahahahaha ^^V*

Idol Syndrom? Hmmmm…..kayanya kurang lebih mirip-mirip nih ama yang Living on The Spotlight yah? Ya…dikit mirip, tapi lebih saya bagikan solusinya, hihihihi… Kalau yang kemarin kan lebih, ya…enjoy aja being alive, ga usah terlalu sutris binti ‘ngoyo’ ngejar target. Yuk mare…. ;p

Coba angkat tangan yang mengalami gejala berikut ini :

  1. Hidup terasa hampa ketika tidak ada target yang dicapai
  2. Capek & bosan karena target yang tak kunjung achieved (kayanya gara-gara ke-PD-an set target, opppss….saya dong? Hahahahaha
  3. Bosan bosan dan bosan karena ya….hidup ya gitu-gitu aja
  4. Tersiksa dan gelagapan ketika teman ‘selevel’ hidupnya ‘sejahtera’

*malu-malu tunjuk 2 tangan, hihihihi ^^V*

Yap, ga usah malu-malu *karena emang udah malu-maluin, hahahaha* saya terserang Idol Syndrome itu tadi. Jaman sekolah dulu, target selalu datang setiap hari…ya….mungkin waktu jadi murid baru, ga ada target, tapi begitu pelajaran selesai Bab I mulai deh, jeng..jeng… TEST! Jadi rajin belajar toh karena ada test, pengen dapet cepek, biar namanya dipanggil pertama kali kalau kertas hasil ulangan dibagikan. Pas kuliah? Hoo….masih ada target juga, walaupun shrinked ke UTS & UAS, tapi….masih banyak tugas berjibun yang bikin seolah-olah target di depan mata. Kerja? Ya ada sih deadline, tapi ya saban bulan tanggalnya ya tetep to? Ya, mungkin yang terjun di area sales masih ga terasa bosan & hampanya yah. Lha kalo accounting? Deadline iya, tapi kalau achieved sebelum deadline apa iya kita dapat insentif? Ya nggak duong….orang emang Job Desc nya itu, hiksss……

Ya….jujur hidup jadi hampa itu tadi, pengen ikutan ‘kontes’ ini itu, buat mengisi ruang hati yang hampa *halah!* Maksudnya seneng aja gitu ikut lomba ini itu, bukan Mrs Universe tentunya hahahahaha *ngambil kaca ama meteran buat ngukur tinggi badan, wkwkwkwkwkw* Yaaa….apalah diikutin, yang kuis TTS lah, Sudoku lah, ngirim sms berhadiah tiket lah, semuaaaaa diikutin & tadaaa….kalau menang, senangnya! ;p Kebahagiaan itu simple ya.

Merasa familiar? Ooo….tentu saja! Cobalah mari kita tengok Idol-idol kita ^_^ *mirip gejalanya kan ama saya, minta dilempar bakiak ngaku-ngaku mirip, hahahhahaha* Setelah memenangkan suatu LOMBA, ya…ya gitu, menjalani hidup sebagai Juara, trus…tiba-tiba ya menghilang, muncul lagi pas ada reunion Idol deh ^_^ Ya ga semua ya….. Tapi rata-rata Star Quality yang mereka bawa sewaktu lomba itu seolah-olah raib begitu saja setelah dia jadi juara.

Ya ga semua lah ya….ada juga kaya Kelly Clarkson atau si cantik Carrie Underwood atau Judika yang masih exist *hmmm…..Mike Mohede masih juga kayanya, tapi ga gitu berkilau* Terus hello? Pada kemana itu juara-juara masak? Juara dance? Juara ANTM? Atau juara apalah *banyak banget ya bokkk……*

Apa? Kenapa? Mengapa? Dimana? *eh….dimana kayanya kurang tepat, hahahahaha* Apa???!! Ya…begitulah faktanya, ga usah jauh-jauh deh ya, orang juara sekolah jaman kita dulu deh, apa iya ‘sekinclong’ teman-teman lain yang ga juara? Jlebh *eh ini ngomongin aku ya? Hahahahaha ^^V* Lhaahhhh…..lucu bener itu temen-temen dulu yang langganan dihukum guru-guru koq ya bertengger dengan sukses jadi CEO lah….COO lah…pengusaha lumayan sukses lah, even skalanya baru 1 kota, belum the 10th Richest of the world, kalo ada ya….mari koprol sambil bilang uwaow! Hihihihihi ^^V

Kenapa? Mengapa? Koq bisa? Terus ujung-ujungnya nih…ada beberapa orang yang bilang, makanyaaa…..ga usah jadi juara deh….ga usah sekolah pinter-pinter deh…orang ntar yang sukses juga yang bandel-bandel. Atau…timbul kesimpulan, jadi aja anak yang bandel, ntar juga sukses. Ckckckckck….terlalu dangkal pemahaman seperti itu *tsah……kibasin rambut penuh kutu, hihihihi ^^V* Kenapa dulu mereka sukses? Ooo….ya jelas…iklim sekolah kan bener-bener in vitro gitu loh…siapa yang ga belajar, siapa yang ga pintar, ya ga jadi juara. Iklim idol-idolan kan juga in vitro geto loh….yang suaranya jelek, ya jelas dieliminasi duluan ama dewan juri, atau mungkin jadi bahan lucu-lucuan kalau emang lucu.

Kenapa sekarang tidak?? Hidup itu seperti roda, jadi ya…ada saatnya di bawah, ada saatnya di atas. Gitu jawabannya? Doeng *pingsan dulu yukkk……hihihihihi* Ya! Hidup memang roda berputar, saat kita di atas, ya jaga keseimbangan to biar tetap di atas? Tetap jadi juara. Kalau udah ‘ndlosor’ sampai bawah, ya hayuks…..sok mari digenjot lagi biar naik ke atas. Cape? Ya terserah situ koq ^_^

Jadi, the everlasting champion ya mereka yang nafasnya panjang, bahkan lebih panjang dari pelari marathon yah, ini lifetime continuous improvement loh, istilah gaulnya jaman kuliah Kaizen. Bosen ah capek, gila apa sampe tua berusaha terus? Kapan nikmatinnya? Yaelahh…..salah sendiri jadi single fighter, share dong….share…ke orang lain, ke suksesor, ke siapa lah. Intinya perjuangan itu berlanjut, ga cuma waktu sebelum jadi juara, tapi jadi juara pun juga tetep.  Kalau mau belajar lebih dalam, dulu waktu kuliah diajarin tuh kalo yang anak marketing atau manajemen yah, ada fase-fasenya tu produk, begitu masuk fase harvesting, udah deh…tinggal tunggu waktu produk itu jatuh.

Trus? Apa yang harus dilakukan? Being original atau being everyone’s darling? Ya, jadi original, kekeh pada ide pertama kita sih sah sah aja koq, tapi ya itu konsekuensinya. People tends to change, that’s fact! Mungkin kasus yang saya ceritakan ini terlalu dini yah ^_^ tapi *bukan mau nyukurin lohhhh….beneraannnn….ini malah mau ayo mikir sama-sama juga biar kita ga bernasib seperti itu* Apple. Hah? Pasti kaget dong ^_^ Orang perusahaan segar bugar gitu lu bilang megap-megap Dev? *tiba-tiba plak….sebuah ipad mendarat di pipi saya, hasil sambitan penggemar Apple, ehh…ngarep! hahahahaha* Inget dong, Apple jaman dulu, saat si Steve Jobbs masih hidup, produk-produknya begitu cetar membahana deh ya. Ya, untuk bidang PC mungkin masih iya, orang-orang grafis kalau ga pakai Apple mungkin masih rada megap-megap ya. Tapi, coba ditengok handphone? Yailah….udah dikejer ga karu-karuan itu ama kompetitornya. Apple begini? Kompetitor begono. Apple begitu? Kompetitor begiti. Nah, lucunya nih….pernah ngamatin ga sih, kalo lomba lari, atau lomba apaaaaaa aja. People tends to compare him/herself with their closest competitor. Lupa tuh, buyar sudah awalnya mau jadi the best than yesterday. Udah kebat-kebit toleh kanan, gila cinggg…….udah mau diserobot, hiyatttttt…..tambah stamina, dan berbagai cara dibikin. Persis kan? Yang bikin handphone dengan casing warna-warni lah, bikin yang buat low end lah. Plak plok plak plok *ngegampar orang-orang Apple, alah ngesokkk…..hahahahaha, maksudnya ini juga buat saya juga gituuu* Bangggg……elo elo bikin produk buat siapa? Wake up!!!! Hey!!!! Wake up!!! Pasar mana yang mau lo layani?

Ironis? Yahh….mungkin itu juga akan terjadi pada diri kita sendiri loh…. And the clock is ticking ^_^

Kalo mau lihat the everlasting champion, model si Madonna kali yah? Bujud…jaman taon 80an juara, 90an juara, 2000an juga masih juara aja tuh. Ya terang aja, si mbak Madonna nya berubah-berubah.

We can’t be either everyone’s darling or true to ourselves, that’s the fact. Bisa saja kita kekeh pada nilai awal, tapi ya itu bersiap-siap tenggelam, karena mungkin orang yang dulu mencintai kita, seleranya berubah, atau mungkin karena saking tuanya, dia udah mati, & anaknya menganggap kita tidak sesuai dengan nilainya.

Sama halnya dengan kehidupan secara general. Saat kita pacaran (berusaha jadi juara) apapun upaya kita lakukan. Saat kita udah sukses (menikah & punya anak), udah mulai deh…turun…turun….turun….akhirnya ‘ndlosor’ deh…*apa yah terjemahannya, tiarap kali yah? Hihihhi*

Ya begitulah hidup ^_^ kadang di bawah kadang di atas, kita yang pilih, bukan kita yang menentukan loh ya….hahahahahaha…. Koq bisa? Koq bisa? Lhaiyalahhh….udah bukan in vitro lagi iniiii….dimana segala macam daya upaya dilakukan pasti naik ^_^ ini udah di hutan belantara….segala macam upaya udah dilakukan juga belum pasti naik, itu tergantung pasar yang situ layanin, hehehehehe….

People change, yes they always do. There’s no fixed thing, except the changes itself ^_^

Ayoh….ayoh….*plokplokplokplok* mari bersemangat!!! ^_^ semogaaaa……saya selalu diingatkan untuk mengayuh secara berkala, eh….istilahnya Kaizen, hihihi….aduh jadul banget deh yaaaa……*maklum….udah ga pernah baca teori marketing yang hip lagi nih….;p* Semangat apaan nih? Ya semangat semuanya lahhhhh!!!!

Selamat malam! Tetap bersemangat! Dan….selamat berbagi!


DPS pamit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar